Sharing modus penipuan titip barang ebay

8 May

based on http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14293839

Sekalian saya juga mau berbagi cerita gan… Sekitar 3 hari yang lalu tanggal 1 Mei 2012 saya diajak kerjasama untuk titip jual barang ke Ebay saya, jadi Kronologisnya begini:

1 Mei 2012 = Saya diajak oleh A anggap saja (nama saya samarkan karena saya tidak ingin menuduh yang bersangkutan sebagai penipu sebelum agan membaca sampai habis cerita ini ) untuk titip item (berupa trading card NBA) buat dilelang ke EBAY dengan starting bid $0.99 selama 3 hari antara 2 April – 5 April dengan komisi 5% dengan syarat barang akan dikirim oleh A dengan menggunakan FULL TRACKING EMS PT POS INDONESIA dengan biaya ongkir $15 dan akan dikirim ke pemenang lelang dalam waktu 48-72 jam setelah pembayaran di lakukan dan dana harus dicairkan setelah tracking berjalan.

2 Mei 2012 Saya me listing (memasukkan item yg mau dijual di ebay) barang si sebanyak 5 buah lelang item dan masih adem ayem saja sih.

3 Mei 2012 adem ayem aja masih kita masih sempat ym2an, dan melalui YM an itu saya kok merasa si A ini sudah profesional dalam penjualan ebay, saya yang 2 tahun saja masih kurang begitu paham mengenai sistem penjualan ebay, yah saya banyak belajar juga sih sama dia si A tadi, thanks ya A.

4 Mei 2012

jam 01.00 saya mulai melakukan pemikiran kalo istilah saya melihat sudut lain dari transaksi ini dengan mempertimbangkan UNTUNG RUGI !!! jadi saya memikirkan seperti ini… Bagaimana jika misalnya si A memang “mengirimkan barang” melalui full track EMS PT POS ke pemenang ebay akan tetapi barang yang dikirimkan bukanlah barang trading card yang asli seperti photo yang diberikan oleh si A kepada saya melainkan misalnya cuma sepucuk surat tidak berharga alias cuma tanda tangan si A.

Jam 03.00 saya melihat tiba-tiba ada si username ebay B dari Indonesia yang notabene nya masih melakukan 14 transaksi/rating ebay ngebid barang saya sampai $50++, yah awalnya saya cuma mengira B adalah teman A untuk membantu reserve bid biar bisa menaikan harga jual barangnya.

Jam 10.00 saya melakukan kontak dengan A dengan mengatakan bahwa saya minta dia untuk mengirimkan barang terlebih dahulu ke tempat saya hari ini (Jakarta-Surabaya menggunakan JNE YES dengan ongkir saya yang tanggung) dan uang akan dicairkan segera setelah pembeli/pemenang ebay membayar full ke akun pay^pal saya dan si A menyetujuinya asalkan dengan syarat UANG HARUS SAYA KIRIM DULUAN SEKARANG (sebesar $50 x 5 = $250) …. nah jadi curiga saya karena dia nitip barang otomatis duit pemenang/pembeli akan jelas-jelas masuk ke rekening pay^pal saya trus saya tanya kenapa begitu??? jawabannya dia ingin menjaga haknya siapa tahu saya tidak membayar kewajiban mencairkan dana pada saat tracking berjalan jadi dia bisa menghubungi buyer untuk mendispute saya !!!!!!… Ok kalo begitu saya bilang dengan A silakan anda memikirkan UNTUNG RUGI yang telah saya pikirkan:
Misalkan anda memang mengirimkan “barang” tetapi isinya bukanlah item yang anda janjikan atau misalnya cuma mengirimkan amplop kosong dan track sudah berjalan otomatis saya harus mencairkan dana anda segera, SEDANGKAN anda tahu sendiri pengiriminan internasional itu membutuhkan waktu antara 14-21 HARI !!!!!!!! bagaimana anda bisa menjamin bahwa BUYER dan SAYA akan AMAN?????? jadi yang dirugikan disini adalah 2 orang !!! saya dan buyer/pemenang ebay !!! sedangkan jika anda mau mengirimkan barang terlebih dahulu sebenarnya tidak ada yang dirugikan selain si A sendiri yang mungkin sama-sama tidak percaya dengan saya dan saya merasa dia memang mempunyai hak untuk itu dan sayapun menghargai dia dan saya tidak memaksa dia untuk mengirimkan barang AKAN TETAPI saya bilang listing akan saya batalkan dan dia memaksa saya terus untuk tetap melanjutkan listing dengan kesepakan awal … Dan sayapun bilang dengan dia… DENGAN di CANCEL nya listing tidak ada orang yang dirugikan di SINI !!! barang A aman, saya juga aman, buyer ebay juga aman

Jam 14.30 Saya memutuskan tidak menemukan kesepakan dengan si A dia tetap pada pendiriannya saya juga tetap pada pendirian saya, maka saya akhirnya meng closed listing bidding saya dengan menggunakan alasan ke ebay adalah: item lost or broken !!!!!!

Jam 22.00 Dia tetap memaksa saya untuk tetap melanjutkan listing dan saya sudah ogah mau melayani A capek mau dijelasin dari A-Z, Z-A mau pake cara apa aja dia menganggap dirinya yang paling bener… Lah wong yang nitip barang kan dia bukan saya yg nawari dia nitip barang ke saya….

Dan maaf saya disini tidak ingin menuduh si A sebagai penipu karena sampai saat inipun saya masih menganggap dia sebagai orang yang memang niat untuk nitip item, sayang kita tidak mendapatkan kesepakan itu saja… Dan saya sharing ini hanyalah ingin membuat para seller/pemain2 ebay agar berhati-hati dan selalu waspada hehe siapa tahu jika modus penipuan mengirim barang kosong/tidak berharga suatu saat nanti jadi trend😛 hahaha ingat waspadalah waspadalah.

Inilah akar perdebatan saya… Saya inginkan barang dikirim lebih dahulu… Si A ingin uang saya kirim dahulu… Dan sekali lagi ini bukan ajang mencari siapa yang benar maupun yang salah dan saya tidak menuduh A mencoba menipu saya… Yang ada kita berdua berbeda pendapat dan tidak menemukan titik terang itu saja thanks jadi anggap saja ini sebagai “PERINGATAN DINI” untuk kita selalu waspada.

Spoiler for akar perbedaan kita berdua:

Leave a Reply

