Toko Bagus Mempersulit Bertransaksi Online

8 May

based on http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/32234

Saya pengguna situs Toko Bagus sudah lebih dari 2 tahun, yang saya rasakan selama menjual barang-barang online disana adalah ketidaknyamanan, dimana kami para seller terus dipersulit dalam memasang iklan. Padahal saya sudah menjual banyak barang disana dan para konsumen merasa puas dengan barang-barang yang saya jual. Dan saya ikut andil dalam menaikkan nilai Toko Bagus di mata masyarakat karenanya.

Tapi saya heran kami terus dipersulit, seringkali setelah menulis cukup lama untuk memasang iklan. Setelah tayang, dihapus,bayangkan saja sudah capek-capek menulis iklan, mengupload gambar, dihapus seenaknya saja. Lalu Forum komentar di setiap iklan, itu hanya menjadi ajang negatif dari orang yang iseng berkomentar sembarangan disana sering dengan niat menjatuhkan seller. Padahal forum komentar tidak connect kemana-mana. Jadi seller ditindas tanpa tahu siapa yang berkomentar. Dan tidak ada fungsi dari forum komentar disana, karena yang tampil hanya nama si komentator tanpa connect kemana-mana.

Sungguh menjadi bahan empuk untuk menjatuhkan seller. perlu diketahui Saya tidak kelewatan batas dalam memasang iklan, hanya menerapkan kreativitas marketing yang memang dibutuhkan dalam jual beli online. Sedangkan banyak seller yang tidak jelas kejujurannya dan kelewatan batas dalam memasarkan produk merajalela. Toko Bagus juga sungguh tidak adil,padahal kami para pedagang yang jujur hanya berniat mencari penghasilan disana. Saya pedagang jujur dan tidak berniat macam-macam. Tapi terus saja dipersulit dengan peraturan yang barubah-ubah setiap harinya. Sekarang ada peraturan baru lagi yang membuat saya terhenyak, tiba-tiba iklan yang saya buat dengan kreatifitas dengan memanfaatkan dimensi warna, huruf tebal malah diganti seenaknya saja menjadi iklan baris.

Keterlaluan apa maksudnya ini? Itukan kreatifitas para seller dalam memasarkan produk dan tidak seharusnya dilarang. Memang Toko Bagus ingin memberikan kemudahan bagi orang-orang yang kreatif apa yang malas berkreasi? Sangat disayangkan, Toko Bagus tidak bertujuan memudahkan orang untuk bertransaksi online secara mudah dan aman. Terlalu banyak peraturan yang berubah-ubah dan terus menjerat para pemasang iklan disana.

Sudah mengelus dada saya ini melihat perjuangan saya dan teman-teman yang murni ingin berjualan disana melihat arogansi Toko Bagus. Harusnya berkaca dulu, menjual barang online tidaklah semudah membalik telapak tangan. Maka dibutuhkan kreativitas para seller, asal tidak kelewatan harusnya tidak dijegal begitu saja dengan menghapus iklan orang.

Seharusnya Toko Bagus mencari cara yang lebih efektif dalam menjaga kredibilitas Toko Bagus tapi dengan tidak menjegal niat orang bertransaksi online. Apalagi untuk seler-seller yang jelas sudah berkontribusi dalam menaikkan kepercayaan Toko Bagus dimata masyarakat.

Joe Ly Sien
Bojong Indah Jakarta Barat
Jakarta

Leave a Reply

